Monday, August 6, 2012

BAHAN MAKALAH


BAHAN :
Alasan Memilih Website Pemasaran
Membuat website informasi pemasaran helm dan aksesoris ini agar jangkauan pemasaran lebih luas karena internet bisa di akses kapan saja dan dimana saja.
Saya memilih tentang pemasaran helm karena persaingan perdagangan helm dan aksesoris saat ini cukup bersaing melihat banyaknya toko penjualan helm dan aksesoris. Pemasaran merupakan bagian terpenting dalam suatu kegiatan usaha, baik barang maupun jasa. Karena pemasaran yang tidak menggunakan strategi pemasaran yang baik, akan berakibat lambat dan tidak optimalnya suatu pemasaran. Oleh karena itu dengan memasarakannya melalui internet inilah yang menurut saya bisa membantu meningkatkan penjualan helm dan aksesoris pada Toko Variasi Helm
Metode Dokumentasi
Menurut Hasan (2004:87) dokumentasi adalah “Teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditujukan pada subyek penelitian, namun melalui dokumen”. Penulis mengumpulkan dokumen-dokumen pada perusahaan guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
Studi Pustaka (library Research)
Menurut Martono (2011:46) “Studi Pustaka atau sering disebut juga studi literatur-literatur review merupakan sebuah proses mencari berbagai literatur, hasil kajian atau studi yang berhubungan dengan penelitian yang akan dilakukan”. Penulis mengumpulkan data yang dilakukan dengan cara mempelajari buku-buku tentang pembuatan sebuah website dan buku-buku yang berhubungan tentang perangkat pendukung (tools) dalam pembuatan web ini (catatan yang diperoleh penulis selama masa perkuliahan yang menunjang penyusunan tugas akhir ini).
Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
Tujuan dari jaringan komputer adalah:
·      Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk.
·      Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting.
·      Akses informasi: contohnya web browsing.
Informasi
Informasi adalah pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan pengetahuan atau keterangan.
TCP/IP
Internet protocol suite atau TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.
Internet adalah sumber informasi dan sumber daya komputer yang menjangkau seluruh dunia, Internet berasal dari kata Interconecction Networking, Inter kependekan dari international, dan Connection berarti hubungan dan Networking adalah jaringan, sehingga Internet dapat juga didefinisikan sebagai jaringan yang terdiri dari barbagai macam dan jenis komputer diseluruh dunia yang saling berkomunikasi dengan berbasiskan suatu protokol yang dinamakan TCP/IP (transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Menurut Nugroho (2006:25) internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer diseluruh dunia dengan bantuan jalur komunikasi, yang dihubungkan dengan suatu basis protokol, sehingga internet dapat juga di definisikan sebagai jaringan yang terdiri dari berbagai macam dan jenis komputer diseluruh dunia yang saling berkomunikasi dengan berbasiskan suatu protocol yang dinamakan TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).
Web Portal
Sebuah web portal, merupakan halaman web, yang menyajikan informasi dari berbagai sumber dengan cara terpadu. Web portal memiliki fitur standar berupa mesin pencari informasi, selain itu bisa juga terdapat layanan e-mail, berita, hiburan, dan lain-lain. Web portal memiliki kemampuan tertentu yang mengikuti selera para pengunjungnya. Isinya biasanya berupa konten yang dinamis. Contoh dari web portal yang sudah familiar adalah Yahoo!, iGoogle, AOL, dan MSN. Perbedaan web portal dengan website adalah dari segi kegunaannya. Website digunakan untuk menampilkan suatu informasi, opini, dan sebagainya, sedangkan web portal digunakan untuk membangun komunitas online dan menghadirkan lingkup yang lebih luas mengenai berbagai informasi kepada pengunjung.
Program
Menurut Sutedjo (2007:3) Program adalah “kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasi yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh komputer”.
Web
Menurut Sidik (2007:6) web adalah “Suatu layanan penyajian informasi di internet menggunakan HTML untuk menampilkan data berupa teks, gambar suara, animasi, dan data multimedia lainnya”.
Wold Wide Web (WWW)
Merupakan kumpulan web server yang menyimpan dokumen-dokumen yang di format untuk memungkinkan orang melihat teks, grafik dan audio maupun memungkinkan kaitan ke dokumen-dokumen lain di web.
Server web
Server web adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.
Web Site
Merupakan alamat (URL) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu.
Web Pages
Merupakan halaman khusus dari situs web tertentu yang tersimpan dalam bentuk file. Dalam web pages tersimpan berbagai informasi dan link yang menghubungkan suatu informasi ke informasi lain baik itu dalam pages yang sama ataupun web pages lain pada website yang berbeda.
Homepage
Merupakansuatu sarana dasar untuk memperkenalkan secara singkat tentang apa yang menjadi isi dari keseluruhan website. Biasanya berada pada halaman pertama dari suatu website yang biasanya berisi tentang apa dan siapa pemilik website tersebut.
Browser
Merupakan bagian aplikasi yang digunakan untuk memudahkan melakukan navigasi berbagai data dan informasi pada WWW dan mengakses layanan WWW. Browser dapat memandu pengguna internet untuk berpindah antar situs web dengan mudah. Browser yang paling terkenal penggunaanya adalah Internet Explorer dan Mozila Firefox.
Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
Merupakan suatu protokol yang digunakan untuk mengakses website dan yang menentukan aturan yang perlu diikuti oleh web browser dalam meminta atau  mengambil suatu dokumen dari web server. Protokol ini merupakan protokol  standar yang digunakan untuk mengakses dokumen HTML.
Domain Name Service (DNS)
Merupakan suatu penamaan yang standar komputer-komputer di internet dengan tujuan untuk mempermudah pengelolaan server komputer internet. DNS membuat suatu tingkat domain yang merupakan kelompok komputer yang terhubung dengan internet.
HTML  (Hypertext Markup Language).
Terdiri dari sepasang kode yang disisipkan dalam suatu dokumen untuk mengontrol tampilan dokumen di layar monitor oleh Web Browser, seperti Netscape atau Mosaic. Apabila kita akan memandang suatu dokumen di Internet kita harus menggunakan Web Browser dan disana ada fasilitas "View source" untuk melihat kode-kode web page ini. Suatu dokumen berisi kode-kode ini disebut HTML. Suatu dokumen HTML harus mempunyai formulir yang tepat, sehingga dapat dikenal dan di Interpretasikan dengan tepat oleh perangkat lunak dari Browser.
PHP
Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini atau dalam kata lain bisa diartikan sebuah bahasa pemrograman web yang bekerja di sisi server (server side scripting) yang dapat melakukan konektifitas pada database yang di mana hal itu tidak dapat dilakukan hanya dengan menggunakan sintaks-sintaks HTML biasa. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.
XAMPP
Menurut Andi (2009:1) XAMPP merupakan salah satu paket software web server yang terdiri dari Apache, MySQL, PHP dan phpMyAdmin. Mengapa menggunakan software XAMPP?, karena XAMPP sangat mudah cara penggunaanya, terutama bagi seorang pemula. Proses instalasinya pun sangat mudah, karena XAMPP ini tidak perlu melakukan konfigurasi Apache, PHP dan MySQL secara manual, XAMPP melakukan konfigurasi dan instalasi secara otomatis. Kelebihan XAMPP adalah multi platform yang bisa berjalan atau beroperasi di Windows OS, Linux, Mac X OS dan Solaris.
MySQL
MySQL (My Structure Query Language) Menurut Sitindoan (2003:45) MySQL adalah “sistem manajemen database relasi (relation database manajement system) yang bersifat terbuka (open source)”. MySQL didistribusikan secara gratis di bawah lisensi GPL (General Public License), dimana setiap orang bebas menggunakan MySQL, namun boleh dijadikan produk turunan bersifat closed source atau komersial. Berikut ini adalah keuntungan menggunakan MySQL :
1.  Menciptakan basisdata dan struktur relasi.
2.  Melakukan manajemen data tingkat dasar.
3.  Membentuk query sederhana dan kompleks.
4. Melakukan tugas-tugas dengan seminimal mungkin memakai struktur dan sintaks perintah yang relatif mudah untuk dipelajari.
Mysql_connect()
Digunakan untuk membuka koneksi dengan database MySQL server. Dalam fungsi ini dibutuhkan empat buah argument yaitu host, username, password dan database.


Mysql_close()
Digunakan untuk menutup koneksi dengan MySQL. Pendeklarasiannya dalam bentuk :
Mysql_select_db()
Digunakan untuk memilih sebuah database aktif.
Mysql_query()
Digunakan untuk mengirim perintah SQL ke server SQL untuk dideteksi.
Mysql_fetch_array()
Digunakan untuk menghasilkan data berupa array dalam bentuk angka dari isi tabel MySQL.
Mysql_num_rows()
Digunakan untuk mengambil jumlah baris sebagai sebuah hasil.
PhpMyAdmin
PhpMyAdmin adalah suatu aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP yang ditujukan untuk pengelolaan basis data MySQL melalui Internet. Semenjak adanya paket yang menyatukan antara Apache-MySQL-PHP, yaitu salah satunya XAMPP, sehingga untuk melakukan pembuatan dan pengelolaan database dapat dilakukan pada browser, yaitu yang dikenal dengan phpmyadmin. Adapun alamat URL phpmyadmin di operatig sistem Linux ataupun Windows, adalah sebagai berikut: http://localhost/phpmyadmin.
Database
Menurut Prasetyo (2004:6) database merupakan “suatu kumpulan data yang saling berhubungan dan terorganisasi sedemikian rupa sehingga mudah untuk digunakan kembali.” Database adalah salah satu komponen yang penting sekali dalam sistem informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi bagi para pemakai.
Adobe Dreamweaver CS3
Menurut Hadi (2008:27) Adobe Dreamweaver CS3 adalah “program aplikasi web editor untuk membuat dan mendesain web dengan mudah dan tepat yang terpopuler saat ini”. Selain tampilannya yang lebih menarik, kemampuan dan fitur-fitur baru akan memudahkan para pemakainya untuk menciptakan halaman web dengan cepat dan mudah tanpa harus berlama-lama menuliskan baris-baris kode Hypertext Markup Language (HTML).
Dengan adanya program ini kita dapat mengetik script format HTML, PHP, JSP, ASP, Javascript, CSS maupun bentuk program lainnya. Hal ini disebabkan ruang kerja, fasilitas dan kemampuan Dreamweaver yang mampu meningkatkan produktivitas dan efektivitas dalam mendesain.
perbedaan dreamwever CS 1 sampe CS berikutnya ialah dreamweaver versi terbaru lebih memiliki performa lebih baik dan memiliki tampilan yang memudahkan untuk membuat dan mengelola halaman web.iya krna, sya hanya mempuyai dreamweaver CS3, selain itu peminat dreamweaver CS3 lebih bnyak dri pada CS yg terbaru


Adobe Photoshop CS3
Adobe Photoshop CS3 adalah program yang di orientasikan untuk mengedit ,memodifikasi, maupun memanipulasi bitmap atau foto. Aplikasi adobe photoshop CS3 selain tangguh dalam mengedit, memodifikasi maupun memanipulasi bitmap atau foto, juga banyak lagi menyediakan fasilitas-fasilitas lain yang menarik. Untuk memenuhi setiap kebutuhan yang menarik, seperti pengaturan warna yang semakin akurat, penggunaan fasilitas efek dan filter yang semakin canggih dan fasilitas pemodifikasian tiprogafi teks yang semakin unik dan fantastic.
Tools Program
Peralatan pendukung mempunyai pengertian sebagai media yang dibutuhkan oleh setiap programmer untuk membantu mempermudah dalam pembuatan dan pembacaan logika dan algoritma program, serta membantu setipa programmer untuk mengetahui alur program yang dibuat mulai dari masukan, prorses dan keluaran yang dihasilkan. Fungsi dari peralatan pendukung (tool system) adalah untuk menjelaskan kepada user bagaimana fungsi dari sistem informasi dapat bekerja dengan suatu bentuk logical dan model phisycal.
Struktur Dasar Navigasi
Menurut Sofyan (2009:2) “Navigasi (navigation) dapat dikatakan sebagai elemen yang paling dominan dalam antarmuka (interface) sebuah halaman web”. Struktur navigasi website digunakan untuk menggambarkan secara garis besar isi dari seluruh situsweb dan menggambarkan bagaimana hubungan antara isi-isi tersebut. Pembuatan struktur navigasi website ini akan sangat membantu nantinya ketika akan membuat rancangan seluruh halaman web. Bentuk dasar struktur navigasi yang biasa digunakan dalam proses pembuatan aplikasi atau web ada empat macam, yaitu:


a. Linear (satu alur)
b. Hierarchi (bercabang)
c. Non Linear (tidak berurut)
d. Composite (campuran)                                                                               
a. Linear
Linear (satu alur) merupakan struktur yang hanya mempunyai satu rangkaian cerita yang berurut. Dengan kata lain struktur ini hanya dapat menampilkan satu demi satu tampilan layar secara berurut menurut urutannya. Salah satu yang terpenting dari struktur ini adalah tidak diperkenankan terjadinya percabangan.



b.  Hierarchi
Struktur Hierarchi (bercabang) ini percabangan untuk menampilkan data berdasarkan kriteria tertentu. Tampilan pada menu pertama akan disebut sebagai Master Page (halaman utama kesatu), halaman utama ini akan mempunyai halaman percabangan yang dikatakan Slave Page (halaman pendukung). Jika salah satu halaman pendukung dipilih atau diaktifkan, maka tampilan tersebut akan bernama Master Page (halaman utama kedua), dan seterusnya. Yang terpenting dari struktur penjejakan ini tidak diperkenankan adanya tampilan secara linear.

c. Non Linear (tidak berurut)
Pada struktur ini diperkenankan membuat penjejakan bercabang. Pemakai bebas menelusuri website tanpa dibatasi oleh suatu rute dimana kontrol navigasi dapat mengakses ke semua halaman manapun. Percabangan yang dibuat pada struktur Non Linear ini berbeda dengan percabangan pada struktur Hierarchi, karena pada percabangan Non Linear ini walaupun terdapat percabangan, tetapi tiap-tiap tampilan mempunyai kedudukan yang sama tidak ada Master Page dan Slave Page.

d. Composite                                                                                                  
Composite (campuran) atau disebut juga struktur penjejakan bebas merupakan gabungan dari ketiga struktur sebelumnya yaitu Linear, Non Linear dan Hierarchi. Jika suatu tampilan membutuhkan percabangan, maka dapat dibuat percabangan, dan bila dalam percabangan tersebut terdapat suatu tampilan yang sama kedudukannya maka dapat dibuat struktur Linear dalam percabangan tersebut.

0 comments: