Thursday, February 20, 2014

Export Data Excel ke MySQL


Dengan banyaknya pertanyaan di forum mengenai cara transfer data Excel ke MySQL, maka artikel berikut akan memberikan solusi tersebut dengan aplikasi Kettle.

Keuntungan menggunakan Kettle adalah kita tidak perlu membuat tabel di database, pada saat perancangan dengan Kettle hal itu akan sangat mudah dilakukan. Dan Anda mungkin hanya membutuhkan kurang dari 10 menit untuk melakukan kesemua proses transfer data ini, menarik bukan?

Penjelasan langkah demi langkah transfer data ini akan dibagi dua bagian, yaitu membaca data Excel dengan step Excel Input dan memasukkan data ke MySQL dengan step Table Output.

Membaca Data Excel dengan step Excel Input 

  1. Download contoh file Excel dari alamat url http://goo.gl/tdMoXz.
  2. Jalankan Spoon - aplikasi designer Kettle.
  3. Masukkan step Excel Input dari kategori Input ke dalam ruang kerja Spoon.

  4. Klik 2 kali pada step tersebut untuk memunculkan dialog konfigurasi. 
  5. Klik tab !Files
  6. Pada kotak input File or directory,  klik tombol Browse dan arahkan ke file Target Penjualan.xls yang telah Anda download sebelumnya, kemudian tombol Add.



  7. Klik tombol Show filename(s) untuk memastikan bahwa nama file yang kita masukkan di atas akan terbaca ketika keseluruhan transformation dijalankan. Klik tombol Close.
  8. Klik tab !Sheets, dan klik tombol Get sheetname(s)
  9. Akan muncul dialog Enter list yang berisi daftar sheet dari file Excel kita, pilih Target Penjualan dan tekan tombol >.



    Klik tombol OK untuk menutup dialog.
  10. Sheet Target Penjualan terlihat telah ditambahkan ke dalam tab Sheets.

  11. Langkah selanjutnya adalah memasukkan nama-nama kolom di dokumen Excel tersebut. Klik tab !Fields, kemudian klik tombol Get fields from header row....

  12. Akan muncul daftar informasi nama kolom dan meta data lainnya.

  13. Klik tombol Preview rows untuk melihat data dari file Excel tersebut. Masukkan jumlah baris data yang ingin dibaca pada dialog Enter Preview Size dan klik tombol OK.

  14. Akan muncul tampilan preview data, klik tombol Close untuk menutupnya.

  15. Klik tombol OK setelah kembali ke dialog step Excel Input.
  16. Selesai

Memasukkan Data ke MySQL dengan step Table Output

  1. Kembali ke ruang kerja Spoon, tambahkan step Table output dari kategori Output.

  2. Hubungkan kedua step tersebut dengan cara menekan CTRL+Click pada step Excel Input, diikuti CTRL+Click pada Table output. Klik kanan pada step Table output dan pilih New Hop.

  3. Klik 2 kali pada step Table output. Karena kita belum memiliki koneksi MySQL maka klik tombol New... pada kotak Connection untuk membuat koneksi baru ke database MySQL.
  4. Pada dialog Database Connection masukkan detil konfigurasi koneksi database MySQL Anda. Jangan lupa untuk memasukkan nama koneksi, pada gambar berikut terlihat nama koneksi yang kita buat adalah Excel_Out.

  5. Klik tombol Test untuk memastikan koneksi tersebut berhasil. Setelah berhasil, klik tombol OK untuk menutup dialog connection.

  6. Kembali ke dialog Table output, masukkan nama tabel yang kita inginkan di MySQL misalkan target_penjualan.

  7. Langkah berikutnya adalah membuat tabel pada database MySQL. Klik tombol SQL.

  8. Akan muncul SQL statement Create ... yang digunakan untuk membuat tabel target_penjualan di database MySQL. Klik tombol execute untuk menjalankan perintah SQL tersebut.



    Setelah selesai klik tombol Close dan OK untuk kembali ke ruang kerja Spoon.
  9. Perhatikan di database MySQL kita sudah terbentuk tabel ms_produk.

  10. Simpan file transformation Anda dengan menekan CTRL+S, dan namakan filter tersebut dengan dengan transform_excel_mysql.ktr.
  11. Sekarang saatnya untuk populasi data ke tabel tersebut. Pada ruang kerja Spoon klik tombol Run this transformation or job dan kemudian klik Launch.

  12. Tunggu beberapa saat sampai transformation selesai dijalankan.
  13. Pada database MySQL, cobalah lihat isi dari tabel target_penjualan. Terlihat data sudah terekspor semua dengan baik.

  14. Selesai.
Referensi : http://pentaho.phi-integration.com/2009/09/export-data-excel-ke-mysql.html

0 comments: